Langsung ke konten utama

Batik Tangerang Kearifan Lokal

Batik adalah bahan kain hasil pewarnaan celup rintang menurut corak khas batik indonesia dengan menggunakan lilin  batik sebagai zat perintang.
Pada tanggal 2 oktober 2009 batik telah dibtetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda (intangible word UNESCO) dan di tetapkan oleh DirektuR UNESCO pada 29 september 2009 pengakuan batik adalah asli Indonesia.

Berbicara batik pastik tidak akan habis namun setiap kota memiliki ciri khas sendiri seperti batik khas tangerang memiliki corak tersendiri dan ini merupakan kearifan lokal dengan motif di bawah ini :
1. Motif gerbang wareng
2. Motif  awi koneng
3.Motif tugu tigaraksa
4.Motif rambutan
5.Motif ayam wareng
6. Motif topibambu
7. Motif bambu
8. Dll

Nah jika berminat memiliki bisa di dapatkan di galery komunitas batik tangerang di cikupa deket galery topibambu. Atau wa 0813 8513 7473

Batik awi koemg dan motif kacang khas tangerang
Motif gerbang tigaraksa dan ayam wareng
Batik bahan baju
Batij tangerang ukuran cowok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunitas Batik lokal Tangerang

Tangerang merupakan Kota Industri sejak 1976 lalu menjadi penyanggah Ibukota Negara yaitu DKI Jakarta. Pertumbuhan penduduk Tangerang dari tahun ke tahun meningkat dengan bertambahnya kaum urban ke Tangerang  yang banyak kawasan Industri.Keberadaan Tangerang sudah di bagi menjadi Kota Tangerang terbentuk sejak 1993 dan Kota Tangerang 2008.Kabupaten Tangerang terpisah dengan wilayah Djakarta  27 Desember 1943 dan sekarang telah menuju ke 74 tahun Desember 2017 nanti.Perkembangan industri  sangat pesat dan penghargaan dari dunia untuk indonesia dari UNESCO.
Di bentuknya Community Batik Tangerang atau COBAT berdiri pada 25 September 2017 dengan harapan memiliki visi dan misi serta latar belakang di bawah ini:Latar belakang komunitas batik adalah berangkat dari keprihatinan minimnya animo masyarakat terhadap pola-pola aktivitas berbasis kebudayaan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pembinaan terhadap potensi-potensi besar karya kebudayaan yang tumbuh di masyarakat, bahkan bisa dikatakan…

Pelatihan dan workshop Batik Tangerang

Mau belajar batik?Yuk kita ke tangerang saja. Tepatnya di studio graha topi bambu, lokasinya di samping gerbang perumahan Citra Raya, Cikupa, Tangerang. Di sini, peserta akan mendapatkan pengalaman kreatif bagaimana proses membatik tulis, cap, dan cetak.Melalui lembaga kursus dan pelatihan Topi Bambu Foundation, peserta bisa memilih berbagai kategori pembelajaran. Apa saja? Hubungi saja Kang Agus dan Eri di brosur tersebut.Siapa saja yang bisa belajar batik?kalangan pelajar, mahasiswa, juga masyarakat bisa ikut bahkan mengisi waktu belajar batik. Oh ya, sebelumnya kami pernah kedatangan tamu dari Malaysia sekira 20 orang belajar batik di topi bambu foundation. Selain itu kami pun dipercaya mengajar hingga 200 lebih peserta membatik di luar studio graha topi bambu.Ya, dengan harga terjangkau. Anda semua bisa belajar batik untuk melatih kreatifitas dan kearifan lokal indonesia juga khas Tangerang dan Banten hanya di topi bambu foubdation.Siapa lagi?Guru, pelajar TK, SD, SMP, SMA, SMK, M…

MATANA UNIVERSITY Giatkan Workshop Membatik dan Kampung Batik Di Tangerang

Kesenian batik adalah kesenian batik di atas kain untuk di pakai yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga kerajaan di Indonesia Jaman dulu.
Batik saat ini menjadi Identitas bangsa Indonesia  yang sudah di akui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusian untuk budaya lisan non bendawi sejak 2 Oktober 2009.
Perkembangan batik di provinsi banten dengan 8 kab/kota , khususnya kab.Tangerang sejak 2015 sudah memiliki motif khusus seperti icon ayam wareng, topibambu, tanaman bambu, kacang dan rambutan yang di tuangkan dalam batikPembekalan mahasiswa dan mahasiswi untuk pengenalan produk lokal khusus batik  tangerang ini di adakan workshop membatik tanggal 22 Maret 2018 di aula lantai 1 Matana University dengan harapan agar pembekalan dan desain serta kreatifitas akan tampil saat membatik sehingga kerja dan konsep ke ilmuan yang telah di pelajari dapat menciptakan  ekonomi kreatif ujar pak Antoni sebagai Dekan Kampus Matana Univesity di hadapan peserta workshop sekitar 100 mahasiswa sekaliagus …